vi ses Stockholm

City Hall

Stadhuset:City Hall


Tidak ada yang lebih menyenangkan dari merencanakan perjalanan. Entah kapan akan kembali liburan lagi tapi lantas terbayang jika dan hanya jika diberi waktu satu minggu saja untuk kembali ke Stockholm, saia harus apa dan atau kemana saja?

  1. Harus ke Science Fiction Bokhandeln, meskipun hanya sekedar memuaskan mata melihat jajaran buku dan pojok Harry Potter ataupun menatap jajaran tongkat sihir serta peta perampok. Sisanya menghabiskan waktu keliling Gamla Stan lalu mampir ke Kaffekoppen demi secangkir besar coklat panas, syukur-syukur sedang musim Glögg, jika lapar tidak ada salahnya memilih Lax & Spenatpaj (Salmon & Spinach Pie) dan atau Morotskaka (Carrot Cake).
  2. Jalan kaki random kemana saja atau naik bis dari ujung ke ujung. Entah di area Blockhusudden, Långholmen, Mariatorget, Fridhemsplan, Thorildsplan, dan tentunya tidak ketinggalan untuk mampir ke Monteliusvägen. Tolong ingatkan untuk mengambil foto sebanyak mungkin, terkadang saking randomnya sampai lupa mengabadikan kenangan padahal belum tentu kembali lagi. Pulangnya jangan lupa mampir ke Espresso House ya atau jajan Oatly di Willy’s si supermarket idola dulu.
  3. Selama 3 tahun lalu kalau ke Stadshuset (City Hall) hanya foto-foto, menemani tamu atau sekedar numpang makan siang sambil menikmati matahari. Jadi jika kembali sebentar, berniat ikut public tour City Hall. Sisa hari bisa mampir ke Nordiska Museet, Moderna Museet atau Naturhistoriska Museet. Lalu terbayang ngopi random di Kaknästornet atau entah cafe apa di Villa Källhagen, lebih karena untuk mengingat kembali masa-masa random dengan orang paling baik sedunia, saat itu.
  4. Åhlens juga ada di list anak random ini. Random melihat-lihat berbagai design interior, beragam bantal, seprai, selimut, handuk, perangkat makan, beragam wewangian dan entah apalagi.
  5. Makan kycklingbullar di IKEA! Yeaayy, makan di IKEA selalu menciptakan kebahagiaan tersendiri, selain enak dan murah, bisa sekalian keliling IKEA sekedar memanjakan mata. Bahkan satu-satunya orang Swedia yang saia kenal, suka sekali makan atau fika di IKEA, semacam langsung beranjak dari kursi dan siap dalam 10 detik ketika ada yang mengajaknya ke IKEA. Sebelum pulang dari sana tidak ada salahnya mampir ke Barkaby Outlet, sebagai satu-satunya outlet yang saia tau.

Sederhana saja kan, bahkan hanya 5 point yang saia harus lakukan ketika, jika dan hanya jika, diberi waktu untuk kembali ke Stockholm. Jika masih ada sisa hari random, mungkin harus kembali melihat Gripsholm Slott, Sigtuna, atau Trosa. Belum lagi Stadsbibliotek di Sveavägen dan entah tempat/hal random apa yang kemudian muncul tiba-tiba. Ada yang mau menyumbang ide atau ikut berandai-andai?

ps: mungkin ini salah satu efek reverse culture shock, lebih memilih untuk berandai-andai kembali ke Stockholm karena belum terbiasa dengan hal-hal di sekitar, semacam ada sepi dan dingin yang dirindukan. 🙂

4 thoughts on “vi ses Stockholm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s