From Düsseldorf to Köln

Pagi itu diawali sendiri dengan hal random, meskipun hanya beberapa jam, karena teman jalan baru sampai Düsseldorf siang hari. Sebenarnya kalau ingin bicara hal random, kala itu berawal banget dari memilih Köln untuk long weekend getaway, beneran tanpa pikir panjang lalu hunting tiket dan ternyata lebih murah jika via DUS. Beli. Pengaruhi teman. Dan alhamdulillah diizinkan “pergi”.

Balik lagi ya, jadi kalau saja teman datang jam 11 mungkin saia tunggu saja di DUS tapi katanya delay, cuma delay sebentar sebenarnya tapi akhirnya “ninggalin” dan ke Altstadt duluan. Btw Altstadt itu sebutan untuk kota tua di Jerman. Dari DUS tinggal naik S11, sbahn dari DUS Flughafen ke DUS Haupbahnhof (hbf) dari hbf lanjut naik UBahn, cari aja yang melalui Heinrich Heine Allee, banyak pilihan, dari Dus Hbf hanya 3 stop sudah sampai di Altstadt, daaan welcome to Düsseldorf. Pagi itu masih belum terlalu ramai, masih banyak yang jalan santai, jogging dan bersepeda, ada juga yang sekedar duduk-duduk menikmati matahari, 1-2 orang bahkan mulai berjemur. Yup, spring berasa summer, terik, suka. Jalan-jalan santai menikmati pemandangan sepanjang Sungai Rhein. Cantik.🙂


Lalu lapar dan mengincar KFC, sudah ngebayangin ayam goreng kriuk-kriuk jadi langsung pesan menu 6 hot wings. Tapiii agak kecewa, minyaknya banyak, jadi harus dikering-keringin pakai tisu dulu.😦 Galama kemudian, saatnya teman datang, lalu keliling Altstadt lagi tapi saat itu sudah mulai ramai, sudah banyak toko yang buka dan banyak yang minum-minum beer di luar, semacam malam minggu saja padahal masih siang pun. Yang berjemur juga sudah banyak, dan ada beberapa area yang terasa sesak, mau jalan saja harus pelan-pelan. Tapi tetap suka dengan teriknya hari itu.😉

Lalu kami berdua menuju Hbf lagi untuk berangkat ke Köln. Ketika di mesin tiket, ada anak muda yang menawarkan grup tiket karena katanya temannya batal ikutan. Dengan bayar 10€ (lebih murah sekitar 2€) kami berangkat ke Köln dengan 3 orang yang sampai pisahan ga kenalan juga. 😂

Sampai Köln Hbf untuk bisa ke hotel perlu beli tiket lagi di mesin KVB karena area Köln adalah regionalnya KVB. Hotel kami dekat stasiun Appelhofplatz, hanya 1 stasiun dari DOM Hbf, sebenarnya bisa jalan juga tapi karena tidak tau makanya kami memilih naik ubahn.


Letak hotelnya lumayan strategis jadi sebenarnya kalau mau irit, bisa menuju DOM dan Alstadt tanpa perlu naik uBahn. Suka sekali dengan teriknya Köln hari itu, jadi bisa jalan-jalan tanpa jaket. Setelah istirahat sebentar kami langsung menuju ke DOM, gereja orthodoks yang megah dan masuk UNESCO Heritage juga. Kami masuk ke dalam DOM yang sepertinya sedang ada misa, tapi cukup bagi kami untuk melihat-lihat sebentar. Selanjutnya kami berjalan menyebrangi sungai Rhein dan melewati jembatan dengan entah berapa banyak gembok cinta, errr apa deh ya istilahnya..😅 pokoknya sepanjang jembatan itu banyak banget gembok yang konon katanya buat pasangan yang memasang gemboknya disana maka cinta mereka akan kekal abadi. Mitos aja si.


DOM terlihat cantik banget jika dilihat dari sebrang Sungai Rhein, saat itu juga banyak yang duduk-duduk menikmati terik matahari. Pengaruh matahari juga kali ya, jadinya berasa betah dan gamau kemana-mana. Karena mulai lapar akhirnya kami bergerak menuju Haus Java, restoran Indonesia😀 Jauh-jauh ke Köln yang KBRI atau KJRI.nya aja gada tapi masih ada restoran Indonesia, jadi pengen pindah deh. X_x Makanannya enakk, masih enakan Nusantara si sebenernya, berasa lebih variatif tapi Haus Java ini tempatnya chic banget, langsung berasa masuk restoran Jawa beneran, seakan2 kalo jalan dikit nemunya Borobudur bukan DOM.


Keesokan harinya giliran mengunjungi Bonn, kota kelahirannya Beethoven. Dari Köln hbf tinggal naik 1x RE ke Bonn lalu nanti disambung ubahn menuju kota tuanya Bonn. Dari kota tua tinggal jalan sedikit terus sampe deh di Museum Beethoven . Museumnya ga terlalu besar, ada 4 tingkat, jadi ceritanya itu rumahnya Beethoven dulu dari mulai dia lahir dan beberapa koleksi Beethoven, terus ada ruangan apa ya lupa, pokoknya ada komputer2 yang disitu bisa baca-baca online sambil dengerin koleksinya Beethoven. Malah lebih lama disini karena keasikan dengerin Beethoven, nenangin ya ternyata musik klasik itu. 


Btw di Bonn masih sama teriknya, masih sama cantiknya. Siang itu makan curry wurst, minum jus, jajan lime squash, jajan magnet, foto-foto bentar, liat-liat sekitar terus berasa banyak toko bajunya qo ya.:mrgreen:

Sebelum terlalu sore, kami memutuskan buat ke Aachen, yang konon katanya gakalah cantiknya. Dari hbf bisa langsung cari RE menuju Aachen, harus transit di Duren, eh RE atau kereta jarak jauh biasa ya, lupaa. (akibat terlalu lama di draft ni). Nahh sayangnya pas sampe Duren, kita ketinggalan kereta ke Aachen, kalaunpun mau nunggu, kereta baliknya gada. Yaaah, yo weis deh daripada ambisius tapi jad galiat apa-apa, akhirnya kami langsung balik menuju Köln hbf. Berasa masih terang dan udah punya tiket terusan seharian, akhirnya setelah istirahat sebentar di hotel, kita keluar lagi menuju Schildergasse yang merupakan shopping street terbesar disini, dan ternyata gaterlalu jauh dari hotel. Merasa ga salah pilih banget.


Disana niatnya cuma mau cari es krim, tapi ujung-ujungnya mampir Primarx yang isinya barang-barang murah, macem-macem banget dari mulai baju main, baju kerja, asesoris, scarf, topi, sendal, sepatu, banyak banget, aga melongo juga si, karena meskipun murah tapi lucu-lucuuu. Demi prinsip klw-diskon-sayang-klw-gadibeli akhirnya beli t-shirt, masker, sama sendal. Sendalnya ini emang lagi perku banget si, karena si Converse ganyaman dipake jalan kaki lama-lama x_x Pulangnya tetep makan di Haus Java hohoho… minumannya itu lho, enak-enak.

Ini postingan paling panjang yang pernah gw buat agaknya. Masih sisa 2 hari ni wkwkwk..

Oke lanjut dihari berikutnya, kita tetep ga ke Aachen karena Kölnnya belum dikhatamin. Belum ke musem coklat sm ke Museum Eu de Cologne. Nah jadi asal kata Köln itu ya Cologne, eu de cologne, wangi-wangian yang pasti pernah kalian pakai dan katanya juga berasal dari aliran sungai Rhein, yang ini belum research si, waktu otu baca sekilas doank..😄 Pagi-pagi kita langsung ke kota tua, menuju Museum of Fragrance, Farina, etapiii ternyata dah fully booked, gabisa masuk, cuma bisa belanja ;( belanja cologne yang wanginya gaberubah dari tahun 1800an, kece yaa..wanginya si biasa aja, tapi karena keunikannya itu jadi ngerasa harus punya 1, buat kenang-kenangan..😀



Tanpa mau menghabiskan waktu terlalu lama, kita langsung bergerak ke Museum Coklat, Schocoladen Museum, pas masuk langsung wangi coklat. tralalala gasabar pengen buru-buru masuk. Didalemnya ada sejarah coklat, tanaman coklat, negara penghasil coklat, pabrik coklat, ada yang bagi-bagi wafer yang dicelupin ke coklat, ada robot pembuat coklat, aaaakk suka..terus juga ada area anak-anak yang tersedia games interaktif, terus bisa bikin coklat dengan ‘menu’ sendiri, mau pake kacang, almond, taburan kopi dan lain sebagainya dengan hanya 3,5euro untuk satu bar coklat. Sambil menunggu ‘pesanan’ coklat itu yang bisa sampai 20 menit, kita bisa lanjut keliling museum, masih banyak yang bisa dilihat. Jadi saran saia, sebaiknya pesan coklat dulu baru jalan-jalan jadi ga terlalu lama nunggu.




Setelah puas jalan-jalan di Schocoladen Museum, kita lanjut ke Schildergasse lagi, dan seriusan siang itu ramai banget, serasa semua orang keluar dan kumpul di tempat itu. Tapi kalo kita si mw cari makan, tadinya mau cari jajanan pinggiran, tapi qo ragu ya, dan karena berasa hopeless baru deh buka tripadvisor dan nemu Das Kleine Steakhaus, not bad, saladnya enak, cocok buat yang lagi laper.😀

Eh ini seriusan lupa abis makan kemana lagi wkwkwk.. Emang ya harusnya segera ditulis supaya kenangannya komplit😄 Mungkin lain waktu di-update. Yang jelas masih dalam rangka jalan-jalan di Schildergasse, dan kita mampir ke toko stationary gitu, lucu barangnya, sukaa, namanya Ortloff, ini kemaren udah kita datengin tapi pas 10 menit sebelum tutup jadi gasempet liat-liat semua. Nah hari ini sempet liat-liat dan beli barang-barang gajelas, beli barang karena ada tulisa 100% made in Germany😄 Duuh penting si emang.


Yah besok dah hari terakhir, harinya pulang, hari yang gabisa dihitung buat jalan-jalan lagi😦 Penyakit banget ya klw abis jalan-jalan, beraaat banget mau pulang. HAri terakhir yang diakhiri dengan ngopi di deket DOM, duduk bengong nunggu jam pulang, naik kereta juga cuma 30 menit, lanjut naik skytrain, trus cari terminal 2B cari gate, dadah-dadah sama Uwi, trus udah deh sedih lagi karena liburan berakhir.😦

Welcome to reality then. Tack och hej då!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s