Outbound!

Kebanyakan orang pasti sudah familiar dengan kegiatan outbound. Saia pertama kali ikutan Outbound ketika Diklat Prajabatan dan ternyata seru dibanding harus duduk di kelas mendengarkan widyaiswara yang entah bicara apa #eh *siap2 dijitak*

Klw dihitung2, saia sudah 4 kali ikutan Outbound dengan keragaman permainan yang berbeda-beda. Ditambah dengan main flying fox, nyebrang di seutas tambang, dan juga rafting. Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa tujuan dari Outbound? Untuk membentuk suatu team work yang solid, kompak, berstrategi, melatih leadership, dan mendengarkan. Suatu team sebaiknya dipimpin oleh satu orang, dilihat dari karakternya, klw bisa dipilih pemimpin yang dominan yang bisa mengarahkan anggota team dan mengambil keputusan terbaik. Klw dari outbound yang terakhir saia ikuti, kita diajari ROTI, Respect; Openess; Trust dan Interdependent. Oia, selagi ingat, menurut saia dengan ikut outbound bisa melatih diri untuk berpikir out of the box. Kenyataannya selama bermain, ternyata kebanyakan solusi adalah hal yang tidak biasa.

Permainannya bermacam-macam dan entah dengan nama yang sama atau tidak. Antara lain, yang saia ingat:
1. Tukar Karpet, bagaimana sejumlah orang berdiri di atas karpet persegi kecil dan membalikkan karpet dengan posisi kaki tidak boleh menginjak tanah. Mau bergerak sedikit demi sedikit juga tidak akan terbalik klw semua anggotanya tetap berdiri. Lalu?! Mudah saja ternyata, tinggal jatuh dan duduk ke tanah dengan posisi kaki terangkat, balik karpet bersama, lalu segera berdiri bersama di karpet itu lagi.
2. Paintball, melatih strategi perang, bukan asal menyerang seperti orang tawuran. Saia gabisa bicara banyak tentang ini, saia gasuka:mrgreen: saia gasuka mendengar suara bising yang juga mengagetkan.
3. Tukar bola, bagaimana sejumlah orang berdiri melingkar dengan tangan kiri di belakang punggung dan tangan kanan memegang bola plastik. Bola plastik tersebut dilempar dan kita berusaha mengambil bola plastik dari orang di sebelah kiri kita. Di sini dilatih konsentrasi juga, harus memikirkan orang di sebelah kita agar bisa dengan mudah menangkap bola lemparan kita.
4. Kotak strategi atau entah lupa apa namanya. Jadi ada 6 area yang disekat dengan tali-tali. Dan semua orang harus berpindah dari sisi start ke finish. Area tersebut hanya boleh dipijaki 1 kali oleh 1 orang dan harus ada seember air yang dipindahkan. Bagaimana jika kelompok itu terdiri dari 8-9 orang?! Nah sebenarnya ada beberapa solusi. Ada yang dengan cara menggendong anggota kelompok dan yang paling mudah adalah anggota kelompok yang tersisa menuju garis start dengan menginjak kaki temannya yang sudah di area kotak yang sudah dibuat.
5. Ada yang harus mengeluarkan bola pingpong dari pipa besar yang berlubang.
6. Jaring laba-laba.
7. Dan lain-lain.

Yang pasti, outbound itu menyenangkan. Melepas beban kerja sambil membentuk pola kerja sekaligus. Banyak ketawa, ketemu teman baru, membangun jejaring, dan tentunya menemukan pengalaman baru.
Jangan pernah kapok ikut outbound, tubuh dan jiwa ini butuh senang-senang juga, kan?!:mrgreen:

Posted from WordPress for Android

5 thoughts on “Outbound!

  1. kebanyakan game outbound emang bertipe ‘logic game’ gitu sih, menantang otak untuk menemukan solusi yang sebenernya simple tapi nggak kepikiran biasanya :p. walaupun nggak semua kaya gitu hehe

    paintball melatih strategi perang? ah nggak juga, kalo emang ada anggota yang jago nembak dan musuhnya cupu bisa menang tanpa strategi sama sekali haha

  2. outbond kalau rame asyik.. nah kalu cuma dikit, ga seru… nah yang sering saya dengar instruktur outbond juga terkadang hanya menyampaikan materi melalui permainan dll, namun makna dari permainan itu jarang dari instruktur yang melaksanakannya di kehidupan nyata…

    mungkin tergantung individu masing-masing kali ya.. mau di aplikasikan atau tidak atau hanya happy2 aja… hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s